Laman

23 August 2012

Dengan Ducati, Stoner Juara Kenapa Rossi Tidak?

Pertanyaan banyak orang tentang motor Ducati adalah kenapa Casey Stoner bisa meraih juara dunia sedangkan Valentino Rossi malah gagal total? Banyak suara jawaban tentang hal ini yang berbeda-beda mulai dari tudingan buruknya motor sampai kesalahan si pembalap sendiri. Namun Menurut saya bisa jadi apa yang diungkap oleh mantan pembalap MotoGp ini, yaitu Loris Capirossi mungkin yang paling benar.

Capirossi semasa membalap di ajang MotoGP pernah menjadi rekan satu tim Casey Stoner di tahun Stoner menjadi juara dunia bersama Ducati. Saat bersama ducati itulah capirossi bisa memberikan gambaran mengenai kondisi motor ducati pada saat itu.

Kalau memang Ducati yang bermasalah, kok Casey Stoner bisa juara dengan motor Desmosedici di tahun 2007? 

Capirossi, yang di tahun itu jadi rekan setim Stoner, punya jawaban.

"(Yang dipakai Stoner) adalah motor yang berbeda. Di tahun dimana dia memenangi titel, saya juga memenangi balapan dan naik podium dua kali," ujar Capirossi.

"Saya ingin melihat apa yang akan dilakukan Stoner dengan Ducati hari ini," katanya.

Pernyataan Capirossi itu mungkin bisa menjadi jawaban yang masuk akal dari pertanyaan kenapa Stoner juara dunia bersama ducati sementara Rossi tidak.

"Valentino sudah melakukan hal yang tepat karena dia masih yang terbaik dan dia sangat tahu itu, dan karena dengan Ducati Anda tak bisa menang lagi, paling tidak bukan sekarang," ungkap Capirossi kepada Repubblica.

"Saya bersama Rossi, sebagaimana seluruh dunia MotoGP, yang butuh perubahan drastis dan menemukan lagi antusiasme sesegera mungkin. Dunia MotoGP butuh juaranya, pahlawannya, untuk kembali ke puncak," jelasnya.

"Pebalap paling dicintai tak boleh dibatasi untuk peran pendukung saja. Kami semua butuh adrenalin murni, di mana apa yang kita miliki beberapa tahun terakhir ini mungkin kurang."

"Jangan menipu diri sendiri, tidak ada yang seperti dia. Dia adalah berkah bagi olahraga ini."