Laman

jaket keren touring

06 January 2013

Kereta Api Secepat Pesawat Terbang (Transportasi Masa Depan)


Kereta Api merupakan solusi terbaik saat ini di dunia, untuk mengatasi permasalahan transportasi masal. Berbagai teknologi mesin kereta apian telah ditemukan mulai dari kereta api mesin uap, kemudian muncul mesin diesel, kereta  listrik hingga teknologi yang terakhir ditemukan adalah kereta magnetik. 


Kereta dengan mesin magnetik dikembangkan oleh para ilmuwan jerman sejak beberapa dekade Silam (1937) dan terus dikembangkan hingga sekarang dan akhirnya telah di aplikasikan ke dalam dunia transportasi. Cina adalah negara pertama yang memesan kereta ini dan membangun infrasutrukturnya.

Di Jerman kereta api magnetik ini telah berjalan sukses dan hasilnya memuaskan. Kemudian negeri tirai bambu tertarik akan tranportasi model ini dan kini telah ada di kota Shanghai-Beijing dan Shanghai-Guang Zhu. Mesin dan badan kereta Dikerjakan di Jerman dan di kirim ke kota Shanghai. Sementara jalur kereta dikerjakan oleh insinyur-insinyur Cina.

Hal yang menarik dari kereta ini adalah mesinnya yang ramah lingkungan, karena menggunakan sistem magnetik. Tidak menghasilkan gas dan berjalan dengan halus. Yang sangat menarik lagi adalah kecepatannya yang dapat mencapai kecepatan 400 km perjam. Sebuah alat transportasi masal yang sangat cepat tentunya. Bisa dikatakan kecepatannya menyamai kecepatan pesawat terbang saat ini.

Pernah terjadi tragedi tabrakan kereta magnetik ini di Jerman di jalur ujicoba, akibat kesalahan teknisi. Kereta menabrak kereta kecil lain yang sedang bertugas mengontrol dan mengecek sistem jalur kereta. Dengan kecepatan secepat itu, tentu dasyat kerusakannya. Namun yang menarik, tidak separah tabrakan kereta dengan jenis mesin lainnya seperti KRL atau Diesel. Model sistem "Rel" nya membuat kereta tidak mudah terlepas dari jalur. Dengan jalurnya yang sendiri berada di atas, tentu tidak akan ada namanya kereta menabrak mobil atau bus.

Pada dasarnya, kereta api ini berjalan secara mengambang. Mesin elektro-magnetik mendorong badan kereta berjalan melalui jalur elektro-magnetik sepanjang jalur khusus yang dibuat.

Seperti apa kereta magentik ini? mari kita lihat gambar-gambar ini.














Sumber: Video Dokumenter National Geography (Future Trains)


1 comment:

Teknologird said...

Good article.....
salam kenal